Rapat Koordinasi Pembahasan Rencana Revisi SOTK Kemenko Polhukam

...
By: Angga
Publish: Jumat, 16 September 2022 09:32 WIB

Biro Perencanaan dan Organisasi Kemenko Polhukam melaksanakan  rapat koordinasi pada tanggal 15 September 2022 dalam rangka pembahasan perlunya usulan revisi Organisasi dan Tata Kerja Kemenko Polhukam. Rapat bertempat di Ruang Bima, dipimpin oleh Sesmenko Polhukam dan dihadiri oleh Deputi Poldagri, Deputi Kesbang, Deputi Kominfotur, Staf Ahli Dawilmar, para Kepala Biro serta perwakilan unit organisasi lainnya. Dalam pembukanya Sesmenko menyampaikan urgensi rapat ini adalah untuk menindaklanjuti simpulan beberapa rapat sebelumnya terkait kebutuhan personil untuk mendukung tercapainya target kinerja.
Rapat dimulai dengan paparan oleh Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi terkait rancangan usulan struktural eselon III dalam rangka memenuhi kebutuhan kompetensi tertentu personil pada masing-masing-masing unit organisasi. Kepala Biro PO menyampaikan identifikasi tanggapan yang telah dihimpun dari masing-masing Deputi di Kemenko Polhukam. Selanjutnya masing-masing Deputi menyampaikan pandangan secara lisan terkait usulan urgensi perubahan beberapa nama jabatan dan penajaman fungsi yang perlu diakomodir dalam rancangan revisi organisasi dan tata kerja. Pada kesempatan yang sama, Sesmenko Polhukam mempersilahkan masing-masing Deputi untuk menyampaikan profil dan kebutuhan personil untuk mendukung aktivitas organisasi masing-masing.
Dalam diskusi tersebut, dicatat beberapa kondisi kekurangan personil serta perlunya profiling kompetensi pegawai yang dibutuhkan pada masing-masing organisasi. Deputi Bidang Koodinasi Komunikasi, Informasi dan Aparatur menyampaikan pentingnya pemetaan kompetensi pada masing-masing unit organisasi.  Kemenko Polhukam dalam melaksanakan koordinasi,sinkronisasi dan pengendalian kepada K/L, didukung oleh personil yang terdiri dari ASN, TNI dan Polri. Melalui pemetaan kompetensi diharapkan organisasi dapat memproyeksikan kebutuhan personil serta spesifikasi kompetensi masing-masing yang dibutuhkan dengan tetap memperhatikan pola karier masing-masing individu.
Sebelum ditutup,Sesmenko menyampaikan simpulan rapat sekaligus sebagai rencana aksi yang harus segera ditindaklanjuti oleh masing-masing unit organisasi. Masing-masing-masing unit organisasi diminta untuk melakukan pemetaan kebutuhan kompetensi, baik terhadap jabatan struktural, fungsional maupun pelaksana sebagai pertimbangan pengelolaan SDM Kemenko Polhukam kedepan. Sebagai penutup Sesmenko Polhukam mengingatkan kembali perlunya keseimbangan pola karir dia antara seluruh pegawai yang ada di Kemenko Polhukam, baik bagi TNI, Polri maupun ASN. Melalui kepastian pola karir, personil tetap bersemangat dalam pelaksanaan aktivitas sehari-hari. <AK25>